Pages

Minggu, 15 Januari 2017

Museum Wayang Tempat Mengenal Berbagai Macam Wayang Yang Ada Di Dunia



Museum Wayang Tempat Mengenal Berbagai Macam Wayang Yang Ada Di Dunia


Kalian pasti sudah tahu dong apa itu Wayang yang dalam arti bahasa Jawa adalah Bayang atau Bayangan. Karena pertunjukkan Wayang menggunakan efek cahaya dibalik sebuah layar yang menghasilkan bayangan yang dimainkan oleh seorang Dalang. Tentunya Wayang sebenarnya adalah boneka berbagai karakter yang dimainkan. Konon cerita Wayang selalu menceritakan berbagai epik dan mitos-mitos. Contohnya cerita Ramayana dan Mahabrata yang kenal akan unsur agama Budha dan Hindu. 
Harga Tiket Masuk Ke Museum Wayang di Jakarta


Di Indonesia kita mengenal lima jenis Wayang yaitu Wayang Beber, Wayang Kulit, Wayang klitik, Wayanng Golek dan Wayang Orang. Sahabat traveller, disini saya tidak membahas lebih detail mengenai berbagai pengertian lima jenis wayang tersebut. Sahabat bisa mencarinya dari berbagai sumber yah.


Kali ini saya akan menceritakan secara singkat ketika saya berkunjung ke Museum Wayang yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta. Belum lengkap ke Jakarta rasanya kalau belum menikmati berbagai jenis Wayang yang ada di Museum ini.

 Dari luar kita bisa merasakan atmosfir jaman dahulu di kawasan Kota Tua Jakarta, begitu juga ketika kita berkunjung ke gedung yang dulunya bernama De Oude Hollandsche Kerk (Gereja Lama Belanda) yang dibangun pada tahun 1640 dan berganti nama menjadi De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) pada tahun 1732 – 1808. 

Museum Wayang diresmikan pada 13 Agustus 1975. Nah kita hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 5.000,- untuk bisa masuk dan menikmati berbagai macam jenis Wayang yang ada diseluruh dunia. Koleksi Wayang dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, China, India, Amerika,. Bentuk wayangnya dari yang mini sampai dengan yang raksasa. Suasana didalamnya pun sangat sejuk sehingga membuat nyaman pengunjung.

Pengunjung akan disuguhkan berbagai macam jenis Wayang yang tersimpan sebagai koleksi. Kita bisa melihat cerita Ramayana dan Mahabrata yang di susun sedemikian rupa dalam berbagai fragmen yang ada dalam sebuah kotak kaca.
Selain cerita Ramayana dan Mahabrata, kita juga bisa melihat cerita yang unik dan tidak menyangka yaitu cerita Unyil dan teman-temannya, cerita si Pitung, Cerita coboy dari Amerika, Cerita dari India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Beijing, Rusia,  dan cerita-cerita lainnya termasuk cerita horor yang berasal dari Pulau Samosir Sumatera Utara .
Cerita Petruk dan Si Pitung
Cerita Horor Amerika

Cerita Korea dan China
Cerita Boneka dari Rusia
Cerita Si Pitung
Cerita Ramayana
Gundala Yang Seram
Cerita Misteri dari Sumatera Utara
Cerita Misteri Si Manis Jembatan Ancol
Ceita Si Unyil yang diciptakan oleh Pak Raden
Kotabumi, 16 Januari 2017

1 komentar:

  1. dari segala museum yang ada di kota, cuma museum wayang ini yang belum aku datengin karna aga2 parno liat wayang. tapi yah mungkin next time aku kesana kali yah. hehe. :D

    BalasHapus

Featured Post

Kapan Lagi Nonton Film Dapat Hadiah?

Dari judul artikel ini, kalian pasti bertanya-tanya. Apa benar hanya dengan menonton film kalian bisa mendapatkan hadiah? Terus apa hadiany...