Skip to main content

follow us


Yuk Simak Tips Sukses Ujian Nasional
Ujian Nasional (UN) yang akan dihadapi pelajar Sekolah Menengah Umum dan sederajat pada awal April nanti, kerap membuat gelisah, grogi, stres, dan sederet keluhan lain. Ujian Nasional (UN)
Banyak siswa yang merasa gugup atau merasa dirinya belum benar-benar-benar siap untuk “bertempur” pada waktu hari H Ujian Nasional (UN) nanti.


Model/ tipe siswa memang sangat beragam. Ada yang rajin, ada yang setengah rajin setengah pemalas, ada yang pemalas bahkan ada yang tidak peduli sama sekali terhadap pendidikannya.
Jadi memang penanganan terhadap siswa memang harus fleksibel, tidak boleh kaku. Terkait tips cara sukses menghadapi Ujian Nasional (UN) memang kunci kesuksesan terbesar tetap ada pada individu masing-masing.
Sebuah tips tidak sepenuhnya mampu memberikan hasil yang memuaskan jika tips hanya dibaca tanpa dibarengi dengan action yang nyata dan segera.
Inilah beberapa Tips Sukses Ujian Nasional (UN) yang harus kamu ketahui :
1.    Hadapi Setiap Soal dengan Tenang
Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.
2.    Bersikaplah Proaktif
Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UAN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil.
Dalam menyikapi standar minimal yang telah ditentukan, justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 7,01 atau 8,01 sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.
3.    Persiapkan Strategi
Tips Sukses Ujian Nasional selanjutnya adalah, dalam menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UAN dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah.
Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.
4.    Banyak Mengerjakan Latihan Soal
Tips Sukses Ujian Nasional yang terakhir adalah banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal (ujian).

Salah satu platform yang menyediakan latihan soal adalah Ruangguru lewat salah satu produknya yakni Ruangbelajar. Disana terdapat banyak contoh soal yang bisa kamu ikuti dan terdapat pula pembahasan dan pemecahan soalnya.
Di Ruangbelajar, tersedia beragam materi video konten telah dipersiapkan oleh mentor-mentor terpercaya dari Ruangguru, seperti soal dan video pembahasan Ujian nasional (UN) dari tahun sebelumnya!


Cara mendaftar Ruangguru sangat mudah,
1.    Kunjungi website RuangGuru di https://RuangGuru.com
2.    Klik menu ‘Daftar’ yang terdapat pada pojok kanan
3.    Pilih daftar sebagai murid
4.    Masukan data diri kamu secara lengkap
5.    Ketika kamu sudah terdaftar kamu hanya tinggal memilih paket yang ada pada RuangGuru.



You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar