Pages

Minggu, 02 Oktober 2016

Menikmati 5 Tempat Wisata Di Bumi Laskar Pelangi



Menikmati 5 Tempat Wisata Di Bumi Laskar Pelangi

Sudut Bandara Hanandjoeddin Tanjung Pandan
Setelah sebelumnya aku berkunjung dan menikmati pesona Pangkalpinang, dari Pangkalpinang perjalananku berlanjut menuju Bumi Laskar Pelangi. Yaitu Bangka Belitung. Tiap kali melakukan perjalanan dimana pun, kita selalu mempunyai cerita. Kali ini aku mendapatkan teman perjalanan sesama backpacker dua orang mahasiswa dari Bogor. Dua sahabat mahasiswa ini banyak membantuku dalam melakukan penjelajahan menuju wisata ke Belitung Timur dan Belitung Barat.

Memakan waktu sekitar 45 menit via udara antara Pangkalpinang menuju Tanjung Pandan. Nah, soal penerbangan ke Pangkal Pinang maupun ke Tanjung Pandan, sahabat traveler bisa cek tiket jadwal penerbangan di http://traveloka.com/lion-air

Berkenalan dengan orang baru sesama perjalanan adalah berkah tersendiri bagiku, Ershad dan Irsyad. Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Bogor ini aku kenal ketika menginap di salah satu hotel yang ada di Pangkalpinang. Setelah panjang cerita ternyata tujuanku dengan tujuan mereka adalah sama yaitu ke Tanjung pandan. 

Sesampainya di Tanjung Pandan, kami dijemput oleh pihak hotel yang sudah kami pesan sebelumnya melalui traveloka. Tidak menunggu lama kami sampai di hotel. Berbekal aplikasi peta digital, kami bertiga nekad menelusuri Pulau Bangka yang indah dengan menyewa motor yang disediakan oleh pihak hotel. Nah berikut beberapa tempat wisata yang berhasil aku kunjungi

11. Replika Bangunan Sekolah Dasar Muhammadiyah dan Museum Kata
Replika Sekolah Dasar Muhammadiyah

Suasana sejuk di depan replika Sekolah Dasar Muhammadiyah


Pamor Pulau Belitung menjadi primadona baru dalam jagat destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun wisatwan manca Negara berkat kesuksesan film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel yang berjudul sama buah karya pemuda dari Bangka Belitung, Andrea Hirata.

Belajar di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bangka Belitung
Tak lengkap rasanya wisata ke Bangka Belitung tanpa berkunjung ke Replika Bangunan Sekolah Dasar Muhammadiyah. Bangunan yang pernah dijadikan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi ini berada di daerah Bukit Raya di Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Bila dihitung dari Bandara Hanandjoeddin berjarak sekitar 65 Km. 

Gerbang Sekolah Dasar Muhammadiyah

Sudut Sekolah Dasar Muhammadiyah

Sekolah replika ini menjadi daya tarik tersendiri, banyak orang ingin melihat dan merasakan langsung atmosfer di seiktar sekolah ini. Halaman sekolahnya dipenuhi pasir putih yang lembut. Di lokasi ini juga sudah didukung dengan berbagai faslitas umum yaitu Toko Souvenir, Rumah Makan dan juga tempat beribadah. Diseberang sekolahan ini berjarak tempuh lima menit berjalan kaki ada danau bekas galian Pt. Timah yang indah dan saying untuk dilewati

Museum Kata

Museum Sastra Pertama dan Satu-satunya saat ini di Indonesia

Masih dikawasan Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Kira-kira 10 menit menggunakan sepeda motor, kita bisa menjumpai Museum Kata. Museum Kata yang disebut-sebut sebagai Museum Sastra dan hanya ada satu di Indonesia ini dibangun oleh Andrea Hirata. Sayang sekali aku, Ersyad dan Irsyad tidak bisa masuk kedalam menikmati isi dalam museum dikarenakan kami datang saat jam kunjungan museum telah ditutup.

Tiket masuk Rp. 50.000,- + 1 Eks buku karya Andrea Hirata

Sudut Museum Kata Bangka Belitung

22.   Menikmati Kopi Manggar

Selama perjalanan kami bertiga sepakat menuju Manggar. Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung menetapkan Manggar sebagai Kota 1001 Warung Kopi, hal itu juga bisa kita baca  pada gapura selamat datang. Salah satu prestasi Manggar adalah pernah tercatat di rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) sebagai kota yang menikmati kopi secara bersamaan, tak tanggung-tanggung hampir sekitar 1.800 orang minum kopi bersama. Nah, alasan itulah kami datang kesini meski memakan waktu 1 jam perjalanan dari Gantung menuju Manggar.

33. Tugu Batu Satam

Tugu Batu Satam Bangka Belitung
Batu satam adalah salah satu batu mulia kebanggan masyarakat Belitung. Batu ini bernilai jual tinggi. Batunya berwarna hitam mengkilat. Pantaslah kalau pemerintah daerah menjadikan Batu Satam sebagai salah satu Ikon kota dan diidirikan tepat di tengah kota. Kami menikmati keindahan Tugu Batu Satam saat malam hari.

Di Depan Tugu Batu Satam
44.  Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Salah satu pantai tercantik yang ada di Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Hamparan pasir putihnya yang lembut, pemandangan sekitar yang eksotis, warna lautnya yang terkadang biru dan terkadang hijau tosca menjadikan pantai ini banyak digandrungi wisatawan lokal maupun wisatwan manca Negara, terlebih lagi Pantai Tanjung Tinggi ini menjadi salah satu tempat lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Batu Granit Raksasa

Hujan Menyambut kedatangan kami

Di Pantai Tanjung Tinggi ini juga kita bisa menyaksikan bebatuan granit yang berukuran raksasa dan tersebar di pantai. Bebatuan ini membentuk formasi sembarang dengan keindahan tersendiri. Bebatuan ini seolah sedang melayari lautan. Sayang ketika sesampainya disini kami disambut gerimis lalu hujan yang deras.

55. Pulau Lengkuas

Pantai Lengkuas
Bila mendengar kata Lengkuas, aku senyum-senyum ingat nama salah satu bumbu dapur. Primadona wisata pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini adalah Mercusuar tua yang di bangun oleh kolonial Belanda pada Tahun 1882, seperti yang tertulis. Dengan membayar lima ribu rupiah kita bisa menaiki Mercusuar yang sampai dengan saat ini masih berfungsi dengan baik.

Ikon Pantai Lengkuas
Dari puncak Mercusuar kita bisa menikmati pemandangan yang sangat luar biasa indah. Laut bening kehijauan, gundukan pasir putih, pepohanan dan cakrawala biru membentang di depan mata kita. Sungguh pemandangan yang bisa membayar peluh kita ketika menaiki anak tangga menuju puncak Mercusuar. Selain keindahan pantai, kita juga bisa melihat penangkaran budi daya penyu di Pulau Lengkuas.













Semoga kutipan perjalananku kali ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi kalian yang membacanya. Ayo ke Bangka Belitung dan cek cek tiket jadwal penerbangan di http://traveloka.com/lion-air

10 komentar:

  1. Laporannya lengkap n keren.. saran, foto terakhir kalau bisa tak usah bertubi2.. bikin ngiler ajaah.. hehehe

    BalasHapus
  2. Kece badaaaai mantap traveler Lampung satu ini

    BalasHapus
  3. Mantap, sampai sekarang belum kesampaian untuk berdarmawisata ke bumi laskar pelangi.. Semoga ke depan diberi rezeki.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnn ya Allah. cari tiket promo aja pak hehhe

      Hapus
  4. Kapaaaan Tapis Blogger diajak jalan2 nih mas? Hhehe

    asik bgt, cerita perjalanannya.. mupeeeng euy :)

    BalasHapus

Featured Post

Ibu Pintar Bijak Gunakan Susu Kental Manis

Begini Cara Aku Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2018 Manis Belum Tentu Sehat Mengikuti berbagai macam workshop sering kali mem...