Skip to main content

follow us

Beberapa hari lagi kita akan menyambut kedatangan bulan suci, bulan yang mulia yaitu Ramadan. Setiap ummat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah yang masuk dalam rukun islam yang ke empat ini. 

Puasa Ramadan bahkan mendapat ganjaran pahala langsung dari Allah SWT. Jadi melakukan ibadah puasa di bulan suci ini merupakan suatu keharusan kita sebagai umat Islam.

"Puasa itu untuk-Ku dan Aku yang membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan yaitu ketika berbuka puasa dan ketika berjumpa pada Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang sedang berpuasa lebih harum baunya dari aroma kesturi (HR Muttafaq 'Alaih)

Ramadan juga bulan penuh keistimewaan yang tidak terdapat pada bulan-bulan lainnya. Lantas akankah kita akan menyiayiakan sesuatu yang di dalamnya penuh kebaikkan-kebaiakan, bahkan tidurnya orang yang berpuasa pun bernilai ibadah. Eitss bukan berarti kalian harus molor seharian di tempat tidur yah.

Keistimewaan Ramadan 

Yuk kita berlomba-lomba meraih segala keistimewaan yang ada di bulan suci ini. Lantas apa saja sih keistimewaan ramadan ini.

1. Diturunkannya kitab suci Al Qur'an sebagai pedoman hidup manusia. Kitab suci Al Qur'an berisi semua kebutuhan yang diperlukan manusia, baik untuk di dunia maupun untuk di akhirat kelak.

2. Terijabahnya semua doa-doa terbaik. Bulan Ramadan menjadi satu manifestasi atau lahan untuk kita memohon doa-doa terbaik pada Allah SWT agar dikabulkan.

3. Ramadan menjadi momen kita untuk melakukan kebaikkan sekecil apapun, karena di bulan suci ini, Allah SWT melibat gandakan pahala dari kebaikkan yang kita lakukan.

4. Di bulan suci ini pintu surga di buka dan pintu neraka di tutup. Hal ini menegaskan bahwa Allah SWT memberikan rahmat yang besar bagi kaum muslimin yang melakukan ibadah puasa dengan mengharap ridho Allah SWT semata

5. Di Bulan Ramadan juga ada bulan yang keistimewaannya melebihi seribu bulan yaitu Lailatul Qadr yang terjadi di sepuluh terakhir Ramadan

6. Bulan Ramadan juga menjadi bulan yang didalamnya terdapat pintu ampunan seluas-luasnya bagi siapa pun yang memohon ampunan dan bertaobat dengan sesungguh hati, inilah yang sering kita dengar bahwa Ramadan sebagai bulan pengampunan.

Nah diantara keenam kesitimewaan yang disebutkan diatas, masih banyak keistimewaan pada bulan Ramadan. Kita bisa melakukan sedekah, zakat, wakaf atau pun membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan bantuan. Ramadan juga menjadi bulan kemenangan kaum muslimin ketika perang badar.



You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar