Selasa, 18 Februari 2020

Smart City Bandar Lampung Ala Hartarto Lojaya Mudahkan Wisatawan


Smart City Bandar Lampung Ala Hartarto Lojaya Mudahkan Wisatawan

Konsep Smart City Memudahkan Perkembangan Pariwisata

Travelling adalah salah satu hobi yang kerap kali saya tekuni. Menginjak dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain.

Dari satu kota ke kota lain. Salah satunya adalah kota yang telah mengusung konsep Smart City tentunya menarik untuk dikunjungi, apalagi kota tersebut potensi wisatanya sangat baik dan indah.


Contohnya saja seperti Kebumen dengan konsep Smart Citynya memudahkan wisatawan untuk berkunjung.

Karena sejumlah sektor pendukung dikembangkan. Nah demikianlah yang saya harap Smart City Bandar Lampung segera hadir. Mengingat potensi wisata Lampung yang begitu besar, meski didukung dengan sebuah konsep Smart City yang mumpuni.

Bicara Smart City Bandar Lampung sendiri sebenarnya bukan gagasan lama. Di 2016 lalu pernah disampaikan Hartarto Lojaya. Konsep yang saat itu menurut saya menarik. Bahkan masih menarik untuk bisa diterapkan saat ini.

Tentunya sebagai Traveller, saya berharap konsep Smart City Bandar Lampung ini bisa segera hadir. Mengingat nantinya segala kemudahan akses dan informasi bisa dijalin. Tak hanya adanya kelompok sadar wisata (Pokdarwis), melainkan juga integrasi antar wilayah.

Misalnya, transportasi publik yang murah, aman dan nyaman, terkoneksi antar tempat wisata. Nah tempat-tempat wisata ini juga banyak potensi yang bisa digarap. Contohnya saja kawasan teluk. Teluk bisa menjadi salah satu model wisata yang lengkap. Karena di sana ada bangunan-bangunan seperti kota tua, ada gudang lelang tempat jual beli ikan, ada tepi pantai dan pulau-pulau di seberangnya yang indah.

Tentu jika digarap dengan baik, ini akan menjadi hal yang luar biasa. Wisatawan tak hanya transit di Bandar Lampung untuk menginap di hotel dan makan di restaurannya saja.
Tetapi juga bisa menikmati hulu ke hilir paket pariwisata yang indah. Nah saya jadi ingat, konsep Hartarto Lojaya akan Smart City Bandar Lampung terkonsentrasi kesana.

Konsep Hartarto Lojaya Smart City Bandar Lampung


Saya masih membahas soal akses kunjungan wisatawan terutama wisman (wisatawan mancanegara). Karena konsep Smart City Bandar Lampung yang pernah digagas Hartarto Lojaya ini otomatis akan mendukung pariwisata di Bandar Lampung.

Jadi tinggal bagaimana eksekusi wisatawan dari luar negeri ke Bandar Lampung. Akses lebih mudah, karena ada inovasi yang diterapkan. Maka, konsep kota ramah anak, ramah anak muda, ramah orang tua, ramah lansia yang diusung dalam konsep tersebut termasuk bagaimana hadirnya gedung dan ruko-ruko tinggi juga diimbangi taman di sekitarnya. Lalu di sekitar potensi wisata juga dibangun perekonomian masyarakat, inovasi pasar tradisional lebih modern dengan teknologi juga bisa diaplikasikan.

Apalagi konsep lain yang juga tak kalah penting menjadi ide gagasan adalah dari smart government, smart environment, smart living, smart economy, dan ide lainnya tersinergi satu sama lain. Sehingga kota benar-benar memberikan pelayanan dan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung.

Smart City Menyenangkan Traveller

Tentu Smart City Bandar Lampung akan menyenangkan para traveler, karena akan memudahkan perjalanan dan akses akses yang dibutuhkan. Apalagi ini bisa menjadi peningkatkan pendapatan bagi pelaku ekonomi kreatif, home industri dalam konsep yang ditawarkan Hartarto saat itu adalah kolaborasi dengan pedagang kecil dan ditopang Bank Pasar.

Tentu konsep Smart City Bandar Lampung cetusan Hartarto Lojaya juga sinergi dengan pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, termasuk munculnya pengussaha baru.

Sangat menarik. Jika saja ada yang kembali memperjuangkan dan kembali menggagas konsep Smart City yang komplek di kota Bandar Lampung ini tentu menjadi hal yang akan terus menarik untuk dilirik.

3 komentar:

  1. Wah ini keren banget. Tentunya sebagai seorang traveler akan mendapatkan keseruan tersendiri

    BalasHapus
  2. Iya pas banget nih, apalagi memang potensi alamnya yg mendukung

    BalasHapus
  3. Smart city menyenangkan traveler 😍

    BalasHapus