Selasa, 15 Oktober 2019

Cara Mudah Mebuat Keju Ricotta Bagi Anak-Anak

Susu Murni Hometown Dairy 

Awalnya aku pikir membuat keju itu sulit, apalagi anak-anak dengan segala aktivitas yang tinggi. Pertanyaan lain, membuat keju seperti apa? Menggunakan apa? Lantas anak-anak yang ramai bakal ribet, susah diatur, kesana-sini dan lain sebagainya.

Berawal dari penasaran dan jadwal weekend yang kosong, finally aku ngajak istriku tercinta dan bujang kecilku untuk ikutan acara Yuk Bikin Keju dari susu murni Hometown di Mall Bumi Kedaton, Bandar Lampung.


Awalnya istriku gak mau neh ikutan acara ini, karena tahu bujang kecilnya aktif banget. Takutnya lagi acara berlangsung dia mau ini dan mau itu. Hal ini terbukti ketika si bujang kecil disuruh duduk karena acara akan dimulai, dia enggan duduk dan gak mau ikutan acara. Apalagi kami sekeluarga datang lebih dulu, masih sepi, baru ada beberapa anak saja. Tetapi setelah melihat anak-anak ramai, akhirnya si bujang kecil mau juga ikutan duduk.

Siapa yang suka susu? suara pemandu acara memecah suasan dan seketika mengambil alih keributan anak-anak. Sontak anak-anak riuh menjawab secara bersamaan sambil mengacungkan tangan "Sayaaa"



Yah, hari ini anak-anak akan diajarkan cara membuat keju dari susu murni Hometown. Ternyata selain di minum susu murni juga bisa dibuat menjadi keju. Aku pikir ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Selain belajar untuk anak-anak, bisa juga orang tua yang ikut mendampingi juga belajar cara membuat keju ricotta. 

Ricotta sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti di masak kembali. Selain di makan langsung, Ricotta biasanya dijadikan campuran untuk hidangan lain semisal sandwich atau freozen dessert.

Chef Gaby menjelaskan tahap demi tahap cara membuat keju dari susu murni Hometown, nah chaf cantik ini juga ternyata memilih salah satu peserta anak-anak untuk menemaninya membuat keju. Hal ini dilakukan agar anak-anak yang lain secara langsung mengikuti intruksi yang diberikan chef kepada peserta melalui anak yang telah dipilihnya tersebut.

Cara Mudah Mebuat Keju Ricotta Bagi Anak-Anak

Bahan-bahan yang diperlukan

- 1 liter susu pasteurisasi Hometown Dairy

- 4 Sdm air perasan jeruk Lemon

- Garam secukupnya

Setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah lengkap, cara membuatnya sebagai berikut :

- Masukkan 1 liter susu kedalam panci lalu panaskan sampai membuih

- Masukkan 4 sdm air jeruk Lemon

- Masukkan garam secukupnya

- Panaskan dengan apa yang kecil atau sedang sambil terus diaduk perlahan sampai susu berubah bentuk menjadi gumpalan kental (Dadih) lalu matikan api dan dinginkan Dadih

- Saring Dadih (Gumpalan kental) yang sudah dingin tadi dengan menggunakan saringan Tahu untuk memisahkan endapan keju dengan cairan sisa susu (Whey). 

- Keju Ricotta sudah benar-benar jadi setelah terpisah dari whey

- Lalu masukkan Keju Ricotta dalam wadah tertutup dan masukkan kulkas

Dalam kesempatan kali ini, Chef Gaby mengkreasikan keju Ricotta dengan cara membuat ricotta chesse cake yang berisi campuran buah pisang dan madu. Mengetahui hal itu, anak-anak ramai lagi, mereka sibuk mengupas buah pisang lalu memotongnya kecil-kecil dan memasukkan dalam Jar (wadah bening) setelah itu memberikan madu sebagai bahan campuran terakhir. 

Meski terkadang ribut dan agak susah diatur, ternyata acara ini sukses membuat anak-anak bahagia mendapatkan pengalaman, kesabaran, kedisiplinan dan ilmu baru. Senangnya lagi, ricotta chesse cake yang mereka buat boleh dibawa pulang dan mendapatkan sertifikat plus mendapatkan susu murni Hometown.


Kalian pasti mau juga donk mencoba kreasi susu murni Hometown Dairy? Kalian bisa langsung kepoin kok media sosialnya.

Instagram : @hometowndairy.id
Facebook : fb.me/hometowndairy.id
Website    : Https://www.hometowndairy.co.id


2 komentar:

  1. Senang bisa ikut acaranya ya, Bang. Senang juga akhirnya bisa kenalan dengan istrinya. Acara ini menambah pengalaman anak-anak untuk belajar sambil bersenang-senang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, meski awalnya ragu apakah bisa anak laki-laki bikin begian tapi ternyata enjoy juga ya

      Hapus