Senin, 04 Maret 2024

Daftar Sekarang! Kuliah Gratis 100 Persen untuk Lulusan SMA/SMK di Kampus Pemerintah, Ada Ikatan Kerja, Ini Jadwal Pendaftarannya

 

Foto: Kemenperin


YANDIGSA.COM - Dapatkan kesempatan emas untuk melanjutkan pendidikan tinggi tanpa biaya dengan mendaftar sekarang di kampus milik pemerintah.

Bagi para lulusan SMA/SMK yang bercita-cita tinggi, program kuliah gratis 100% ini merupakan jalan terbuka menuju masa depan yang cerah.

Tidak hanya itu, di kampus ini juga tersedia program ikatan kerja yang memberikan kesempatan untuk berkarier segera setelah lulus.


Dengan demikian, Anda tidak hanya mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa beban finansial, tetapi juga memperoleh jaminan kesempatan berkarier yang menarik.

Saat ini kampus milik Kementerian Perindustrian, Politeknik Industri Petrokimia Banten membuka kesempatan gratis untuk lulusan SMA, MA, dan SMK.

Program kuliah gratis di Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan peluang luar biasa bagi para calon mahasiswa yang ingin mengembangkan potensi mereka tanpa harus terbebani oleh biaya pendidikan.

Dengan fokus pada industri petrokimia, kampus ini menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas serta relevan dengan tuntutan pasar kerja di bidang tersebut.

Melalui kebijakan kuliah gratis, Politeknik Industri Petrokimia Banten tidak hanya membuka pintu akses pendidikan yang lebih luas, tetapi juga memberikan kesempatan kepada individu dari berbagai latar belakang ekonomi untuk mengejar impian mereka tanpa hambatan finansial.

Dengan didukung oleh fasilitas modern dan tenaga pengajar yang berpengalaman, para mahasiswa dapat mengeksplorasi minat dan bakat mereka secara optimal dalam lingkungan akademik yang kondusif.

Ini adalah langkah penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di sektor industri petrokimia, serta merupakan investasi masa depan yang berkelanjutan bagi pembangunan bangsa.

Dilansir yandigsa.com dari laman resmi Politeknik Industri Petrokimia, berikut informasi program beasiswa Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk SMA, SMK, dan MA:

JALUR MASUK

1. Jalur Prestasi

Jalur ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi nilai rapor ataupun prestasi dari kejuaraan lomba.

Siswa akan melewati tahapan seleksi administrasi, tes fisik, dan wawancara.

Pendaftaran untuk jalur prestasi berlangsung mulai 15 Januari sampai 29 Maret 2024.

2. Jalur Mandiri

Peserta akan mengikuti rangkaian seleksi berupa seleksi administrasi, tes potensi akademik, tes fisik, dan wawancara.

Pendaftaran jalur ini telah dibuka dan akan ditutup pada 28 Juni 2024.

3. Jalur Bersama

Ini merupakan jalur dengan tes yang diadakan secara serentak dan sifatnya lebih umum.

Namun belum ada informasi terkait pendaftaran melalui jalur ini.

PROGRAM STUDI

1. D3 Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia

2. D3 Teknologi Mesin Industri Petrokimia

3. D3 Teknologi Proses Industri Petrokimia

PERSYARATAN UMUM

1. Lulusan SMA atau MA sederajat jurusan IPA

2. Jika lulusan dari SMK, diutamakan jurusan:

a) Program studi Teknologi Proses Industri Petrokimia: Jurusan Teknik Kimia, Kimia Analisis, dan Kimia Industri atau jurusan serumpun

b) Program studi Teknologi Mesin Industri Petrokimia: Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif atau jurusan serumpun

c) Program Studi Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia: Jurusan Teknik Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Listrik, Dan Teknik Komputer Jaringan atau jurusan Serumpun.

3. Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna yang ditunjukkan oleh dokter PNS baik dari Puskesmas maupun RSUD atau RSUP

4. Lulusan maksimal 3 tahun terakhir mulai tahun 2022, 2023, dan 2024

PERSYARATAN TAMBAHAN KHUSUS JALUR PRESTASI

1. Sekolah asal dengan akreditasi A.

2. Juara kelas peringkat 1 sampai 3, dengan rata-rata nilai Matematika, Kimia, Fisika dan bahasa Inggris minimal 80 skala 100 dan rata-rata nilai produktif minimal 80 skala 100 bagi siswa SMK.

3. Dibuktikan dari nilai rapor semester 1 sampai 5.

4. Atau juara Olimpiade, lomba, kompetisi di bidang akademik atau non akademik, juara 1 sampai 3 dibuktikan dengan piagam penghargaan, sertifikat kejuaraan minimal tingkat provinsi.

Jika memiliki syarat poin 4 terkait juara olimpiade atau lomba kompetisi, maka syarat tambahan poin 1, 2, dan 3 tidak harus terpenuhi semua, tetapi tetap dilampirkan.

JADWAL BEASISWA

1. Seleksi administrasi jalur prestasi: 1 Januari – 31 Maret 2024

2. Seleksi administrasi jalur mandiri: 15 Januari – 30 Agustus 2024

3. Tes fisik jalur prestasi: 8 – 22 April 2024

4. Wawancara jalur prestasi: 29 – 30 April 2024

5. Tes potensi akademik jalur mandiri: 5 – 9 Agustus 2024

6. Tes fisik jalur mandiri: 12 – 16 Agustus 2024

7. Wawancara jalur mandiri: 26 – 30 Agustus 2024.

 

Demikian informasi mengenai program beasiswa untuk lulusan SMA, SMK, dan MA.***

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar