Jumat, 11 Agustus 2017

Turut Andil Tumbuhkan Budaya Membaca, Bank BCA Bagikan Buku Untuk Indonesia

Tapis Blogger Peduli Literasi

Budaya membaca di Indonesia pada saat ini sangat minim sekali. Indonesia menempati peringkat keatas kedua dalam hal minimnya minat membaca. Padahal membaca merupakan salah satu ciri peradaban yang maju dalam suatu bangsa. Meskipun dibeberapa daerah, termasuk di Provinsi Lampung sudah muncul taman-taman baca yang digelar secara gratis, tetapi tak juga menumbuhkan minat baca yang tinggi. Fakta mengejutkan yang diberikan oleh UNESCO bahwa Indonesia menempati urutan ke 60 dari 61 satu Negara yang minat bacanya sangat rendah.

Perjalanan antara kabupaten Lampung Utara di mana saya tinggal, menuju Kabupaten Pringsewu memakan waktu sekitar 5 jam dengan mengendarai Bus. Tujuan perjalanan saya kali ini adalah untuk meliput acara penyerahan buku untuk Indonesia yang dimotori oleh Bank Central Asia (BCA). Saya menginap di rumah teman bernama Tri Sujarwo yang kebetulan berada cukup dekat dengan lokasi yang akan saya tuju dan kebetulan temanku tersebut juga akan ikut rombongan  Komunitas Blogger untuk meliput acara.

Keputusanku untuk menginap ternyata tepat, soalnya acara yang seharusnya dijadwalkan akan dimulai Pukul 9 pagi, ternyata maju menjadi pukul 7 pagi mengingat hari Jum’at waktu yang pendek karena bagi kaum Muslim akan melaksanakan ibadah Sholat Jum’at.

Mari dukung gerakan donasi Buku Untuk Indonesia

Bertempat di SDN 7 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu acara dilangsungkan. Meski hujan sedari malam mengguyur kota Pringsewu tak menyurutkan Aku dan teman-teman Tapis Blogger untuk melaksanakan apa yang telah menjadi tanggung jawab kami. Mba Naqi selaku Ketua rombongan komunitas Blogger sudah mewanti-wanti kami, Aku, Tri Sujarwo, Bowo Susilo, Herman, Mba Izzah Annisa, Umi Nenny, Mba Fera, Mba Rinda dan Novi untuk tepat waktu datang sekitar jam 06.30 WIB, tapi apa dikata Aku, Jarwo dan Mba Ferra telat dikarenakan kondisi alam. Alhamdulillah ketika kami sampai di tempat, ternyata acara juga belum dimulai.

Taekwondo
Kecerian anak-anak pada saat kreasi balon


Sebelum Acara dimulai, tamu undangan disuguhkan berbagai macam atraksi yang menarik yang diprakarsai oleh guru dan murid-murid SDN 7 Gadingrejo mulai dari kreasi membuat berbagai bentuk unik seperti Bunga, Topi, Anjing Nudlle dll dari Balon, Marching Band yang membawakan lagu Maju Tak gentar, lagu adat Lampung “Cangget Agung” dan lagu Laskar Pelangi milik band kenamaan Indonesia Nidji.

Selain itu, Giring Ganesha selain jago bermusik dan menyanyi, dia juga menunjukkan kepiawaiannya dalam membacakan cerita (Story Telling) diatas panggung yang sangat lincah dan pas dalam menghibur audiensi terutama anak-anak. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh Giring dan mendapatkan antusias yang besar dari anak-anak yang berebutan menjawab setiap pertanyaan dan tentunya mendapatkan hadiah buku bacaan yang cocok buat anak-anak.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu, Kepala Sekolah Dasar Se-Kabupaten Pringsewu, Direktur BCA beserta jajarannya dan Bintang Tamu Giring Ganesha vokalis Group Band Nidji. Dibuka dengan performance siswa siswi yang menunjukkan kebolehannya dan persembahan Tari Sigeh Pungeteun.


Pak Santoso selaku Direktur BCA menjelaskan bahwa terselenggaranya #BukuUntukIndonesia tak luput dari ide-ide yang melibatkan banyak tim. Pada Tanggal 21 Maret 2017 akhirnya pada saat acara Car Free Day di Jakarta pada tanggal 26 Maret 2017.

Lanjutnya lagi, BCA berkomitmen mengajak masyarakat untuk ikut menumbuhkan kembali minat baca di seluruh pelosok Indonesia. Sampai dengan saat ini jumlah uang yang terkumpul sudah mencapai Rp 1 Miliar lebih dan akan disalurkan ke 104 titik donasi yang segera terealisasikan.
BCA berkomitmen untuk menularkan budaya membaca di seluruh Indonesia. Selain di Lampung, BCA mengadakan penyerahan donasi buku secara serentak di 5 kota lainnya yaitu Banda Aceh mewakili Sumatera, Garut mewakili Jawa, Makasar dan Manado mewakili Sulawesi dan Kupang Mewakili Indonesia bagian Timur.

Puncak dari acara tersebut adalah penyerahan secara simbolis beberapa buku bacaan khususnya untuk anak-anak kepada 7 Kepala Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 Sukaraja, SDN 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang.

Nah, bagi kalian yang ingin ikut mencerdaskan anak bangsa dengan mendonasikan buku-buku berkualitas, kalian bisa langsung klik  https://bukuuntukindonesia.bca.co.id/


Kotabumi, 23 Juli 2017

18 komentar:

  1. Wah emang kece ya acara BCA berbagi buku

    BalasHapus
  2. nah gini, jangan bagi uang terus, sekali kali buku lah

    BalasHapus
  3. acara bermanfaat banget, emang buku dan budaya membaca yang harus terus dikembangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya minat baca org kita sangat kurang ya mba

      Hapus
  4. Semoga gerakan berbagi buku seperti ini bisa mendongkrak minat baca adik-adik sejak dini ya..

    BalasHapus
  5. wah! bagus banget ya gebrakannya, biar anak-anak sekarang enggak main hp aja. wkwkwk.

    BalasHapus
  6. Aih..keren nih gerakannya. Semoga kita-kita yang di Lombok juga ikut dikunjungi :)

    BalasHapus
  7. Barutahu ada program BCA yang ini. Bagus banget. Semoga semakin banyak anak-anak Indonesia gemar membaca ya.

    BalasHapus
  8. Bravo BCA...
    Semoga bisa konsisten dan jadi agenda rutin.
    Aamiin...

    Salam malam dari Lombok

    BalasHapus
  9. Keren semoga semakin banyak kegiatan positif yang mendukung gerakan membaca. Sukses selalu

    BalasHapus
  10. Semoga kegiatan seperti ini tetap berjalan dan juga berkenan menggandeng pegiat literasi yang ada di daerah.

    BalasHapus
  11. Thumbs up buat BCA dan programnya. Semoga budaya membaca di Indonesia semakin digemari sejak dini.

    BalasHapus