Pages

Selasa, 30 Mei 2017

Surat Al Fatihah Dalam Perjalanan

Sering kali selama kita melakukan travelling, entah alasan sibuk, lupa, gak ada waktu atau bahkan lupa, perjalanan kita tidak bernilai ibadah. Saking asyiknya jalan-jalan kita lupa kewajiban seorang hamba yaitu beribadah. Kita malah sibuk mengabadikan sekeliling kita yang mempunyai keindahan luar biasa tetapi lupa siapa yang menciptakan semua keindahan yang lihat.


Termasuk saya sendiri sering banget lupanya, nah kali ini mumpung suasan masih Bulan Ramadan dimana semua kebaikan bernilai ibadah mari kita memperbaiki diri kita untuk kembali menjadi fitrah selama menjalani puasa Ramadan. Saya juga biasanya lupa untuk membaca Al-Qur'an, padahal membacanya akan menjadikan hati kita tenang dan mendapat pahala yang sangat besar disisi Allah SWT.

Ramadan 1438 H ini saya mengazzamkan dalam hati untuk kembali menghatamkan Al Qur'an minimal satu kali khatam. Al Qur'an diawali dengan Surat Al Fatihah. Surat pembuka atau sering juga disebut Fatihatul Qur'an atau Ummul Kitab ini juga memiliki banyak keutamaan.


Hikmah dan Keutamaan Membaca Surat Al-Fatihah*

  • Membaca surat Al-Fatihah mendapat pahala seperti membaca sepertiga Al Qur'an 
  • Orang yang membaca Al-Fatihah seolah ia telah menyedekahkan emas di jalan Allah SWT.
  • Orang yang membaca Al-Fatihah seolah ia telah membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, Al-Qur'an, Suhuf Idris As dan suhuf Ibrahim AS tujuh kali.
  • Setiap satu ayat dari Al-Fatihah menjadi penutup satu pintu neraka
  • Amalkan membaca Al - Fatihah sebanyak 70 kali setiap hari dalam keadaan berwudhu ' dan ditiupkan pada air lalu di minum selama tujuh hari. Insya - Allah akan mudah memperoleh ilmu pengetahuan, di samping itu dapat mengontrol hati dan pikiran dari hal - hal yang merusak .
  • Amalkan membaca Al Fatihah saat hendak tidur, diikuti membaca Surah Al Ikhlas tiga kali, Surah Al Falaq dan Surah Annas , insya - Allah akan aman tentram dan terjauh dari gangguan setan.
  • Bagi mereka yang memiliki hajat yang baik , termasuk untuk mendapat kenaikan pangkat / derajat , untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik dari keadaan fakir, untuk dapat menyelesaikan utang , untuk menyembuhkan penyakit , agar anak menjadi saleh dan berbagai hajat lagi, maka hendaklah ia memohon kepada Allah swt dengan membaca al - Fatihah sebanyak 41 kali setiap hari . Waktunya adalah antara shalat sunnah Subuh dan shalat fardhu Subuh . Amalkan praktek ini sampai 40 hari , insya Allah hajat kita akan dikabulkan oleh Allah swt.
  • Amalkan membaca Al Fatihah sebanyak 20 kali setiap habis sholat fardhu,  insya Allah akan memperoleh rezeki yang lancar , pangkat/ derajat yang baik di sisi masyarakat, dan baik akhlaknya . Mudah dalam urusan hidupnya dan keluarga mendapatkan perlindungan Allah SWT
  • Untuk membuka pintu rezeki yang luas dan mempermudah segala urusan hidup serta terhindar dari segala kesulitan, amalkan membaca Al Fatihah sebanyak 41 kali saat makan sahur malam. Insya  Allah akan dimakbulkan Allah SWT.
  • Setengah ulama menganjurkan membaca Al Fatihah sebanyak 40 kali setiap habis sholat Maghrib dan sunatnya. Insya Allah hajatnya akan terkabulkan .
  • Dianjurkan juga mengamalkan membaca Al Fatihah sebanyak 41 kali,  insya Allah dapat mengobati sakit mata, sakit gigi , sakit perut dan lain - lain .
  • Barang siapa mengamalkan bacaan Al Fatihah diwaktu sahur (tengah malam) sebanyak 41 kali maka Allah SWT bukakan pintu rezekinya dan Dia mudahkan urusannya tanpa kepayahan dan kesulitan.
  • Rumah yang dibacakan surah Al Fatihah dan surah Al Ikhlas tidak akan ditimpa kefakiran dan banyak kebaikan.
  • Membaca Al Fatihah dan surah Al Ikhlas sebelum tidur akan mendapatkan keamanan dari apapun kecuali maut.

Mengingatkan untuk saya pribadi dan pembaca sekalian, ada baiknya selama kita melakukan kegiatan travelling atau jalan-jalan dimana tujuannya agar kita tidak melakukan kewajiban kita untuk melakukan ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah. Yuk, kita mengisi bulan penuh berkah ini dengan kegiatan bernilai ibadah dan mengaji Al Qur'an

Keterangan : 
* Didapat dari http://www.blogkhususdoa.com/2015/04/hikmah-dan-keutamaan-surat-al-fatihah.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Ibu Pintar Bijak Gunakan Susu Kental Manis

Begini Cara Aku Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2018 Manis Belum Tentu Sehat Mengikuti berbagai macam workshop sering kali mem...