STAY WITH US

Minggu, 09 Juli 2017

Air Terjun Belatung Primadona Baru Wisata di Lampung Utara

Air Terjun Belatung Primadona Baru Wisata di Lampung Utara


Berbekal melihat foto di instagramnya Lampung Insta yang membagikan sebuah foto apik dan mempesona pemandangan seperti air terjun atau aliran sungai berwarna hijau tosca yang berada di Desa Gunung Gijul, Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara, saya nekad mengajak rekan saya Afdhol untuk mengunjungi tempat tersebut dengan mengendarai sepeda motor.

Hanya berbekal sebuah foto yang kami lihat, Kami mengendari sepeda motor dari Kotabumi sampai ke Desa Gunung gijul sekitar 30 menit. Gerimis mengiringi perjalanan kami, akses menuju Desa Gunung Gijul cukup baik artinya memudahkan bagi wisatawan yang hendak berkunjung. Setelah muter-muter mencari tempat yang kami tuju tidak ketemu juga, kami masih terus mencari sambil menikmati pemandangan yang terhampar sepanjang perjalanan kami. Kuning emas padi yang begitu mempesona, Gunung Gijul dari kejahuan terlihat gagah dengan langit biru dan awan culumus putih bergelung-gelung.



Pada akhirnya kami menyerah, tetapi tidak patah arang dan sayang sekali rasanya tidak mendapatkan hasil yang kami tuju. Kami pun bertanya kepada penduduk sekitar. awalnya kami ditertawai ketika maksud kedatangan kami ke daerah tersebut untuk hunting foto dengan spot pemadangan alam atau air terjun yang baik.

"Ada dek yang dekat dari sini namanya Air Terjun Belatung" ujar bapak-bapak penduduk sekitar yang memiliki rumah panggung yang terkesan tua dan terawat

"Air Terjun Belatung bagus banget dek, tapi lumayan sulit menuju kesana karena kita harus membuka alas (Menebang rumput-rumput tinggi, red) sebagai pembuka jalan"

"Boleh juga Pak, kata saya antusias setelah gagal menemukan lokasi yang kami lihat di instagram"

"Tapi kami minta uang bensin Rp. 200.000,- dek"

Saya dan Afdhol saling pandang. Cepat saya mengambil keputusan. "Gimana kalau Rp. 100.000,- aja Pak"

"Waduh susah dek perjalanannya, nanti kami antar dengan dua motor dan dua motor untuk mengawal kalian"

Akhirnya disepakati Rp. 150.000,-

Perjalanan dimulai. Suasana pedesaan memang begitu meneduhkan. Meskipun akses jalannya tidak bagus tetapi tidak parah sehingga masih bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Selama perjalanan yang memakan waktu sekita 15 menit tersebut kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Dari ketinggian kita bisa melihat Bendungan way Rarem yang berada di Abung Kunang, Menikmati bunga kopi yang putih dan harum. Sesekali kami berjumpa penduduk setempat yang pulang memanen kopi.


Nah dari perkebunan kopi warga setempat, untuk menuju Air terjun Belatung kita harus menuruni jalanan seperti kita hendak ke jurang, tetapi tenang ini bukan jurang melainkan jalanan menuju air terjun tersebut memang cukup curam dan kita perlu berhati-hati.

Air Terjun Belatung di Desa Gunung Gijul, Kecamatan Abung Tengah, Kabupaten Lampung Utara memiliki dua undakan yang tidak terlalu tinggi. Undakan yang pertama sekitar 20 meter dan yang kedua sekitar 5 meter. Air Terjun Belatung seperti rambut bidadari yang panjang dan tipis yang sedang basah tergerai begitu cantik. Airnya sejuk dan jernih.

Masih belum banyak orang yang mau kesini menjadikan Air Terjun Belatung seperti gadis perawan yang tanpa tersentuh, bahkan penduduk sekitar pun enggan menuju kesana karena akses jalan dan trekking yang lumayan sulit.

Saya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara bisa memperbaiki akses jalan karena kedepannya Air Terjun Belatung akan menjadi primadona baru wisata Lampung Utara dan akan berdampak dalam sektor ekonomi yang baik dalam bidang pariwisata





4 komentar:

  1. kerennn.....jadi pengen kesana

    BalasHapus
  2. Keren wisatanya mas, kira-kira jauh gak perjalanan kaki nya ke destinasi ini. Sya suka traveling, semoga bisa traveling ke lampung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak pegel sih klo jalan kaki pas pulangnya

      Hapus