Minggu, 22 April 2018

Pengalaman Pertama Mengikuti Kelas Inspirasi

Pengalaman Pertama Mengikuti Kelas Inspirasi

SD Negeri 99 Danau Kedap

Dunia belajar mengajar bagiku adalah suatu dunia yang unik dan syarat akan ilmu, sehingga buatku belajar suatu kewajiban yang terus aku lakukan dan setelah itu maka wajib pula kita mengajarkan apa yang pernah kita dapatkan selama belajar.

Kesenangan akan berbagi dalam hal apa pun, membuatku tertarik untuk mengikuti suatu program belajar yang diprakasai oleh alumni Indonesia Mengajar yaitu Kelas Inspirasi. Aku mencari tahu apa itu kelas inspirasi. Secara singkatnya Kelas Inspirasi adalah suatu kegiatan yang mewadadi profesional dari berbagai sektor yang bertujuan untuk ikut serta memberikan kontribusi dengan misi perbaikkan pendidikan di Indonesia.

Februari 2018 lalu aku berkesempatan untuk mengikuti Kelas Inspirasi Muaro Jambi yang pertama kali diadakan. Di Jambi, aku disambut dengan baik oleh teman-teman baik dari tim fasil, dokumentator, atau pun dari inspirator. Kebetulan aku sendiri yang berasal dari luar Provinsi Jambi. Sesampainya di Bandara Jambi, aku dijemput oleh Arief yang memiliki raut wajah seperti penyanyi yaitu Tulus, jadilah dia sering disapa dengan nama Tulus.

Di Jambi aku pun mendapat teman, sahabat bahkan saudara yaitu Fredinan, Bang Tengku Zee dan keluarganya. Selama di Jambi aku menginap di rumah Bang Zee yang menggap aku seperti saudaranya. Alhamdulillah.

Sebelum hari H untuk mengajar Kelas Inspirasi, dua minggu sebelumnya relawan yang tergabung dalam kelompok SDN 99 Danau Kedap  Muaro Jambi yang terdiri dari Nadia Rizkiah, Muslimin Ali Pasha, Desi Helpi, Eko Gunawan Putra, Fredi Sarman, Sella Finanti, Putri, Syila, Ocy, Anggi dan aku sendiri mengadakan rapat, kecuali aku yang tidak ikut rapat langsung hanya ikut rapat ketika di group wa. 

Rapat ini bertujuan untuk mensukseskan pelaksanaan kelas inpirasi. Persiapan mulai dari menyiapkan Nametag bagi murid-murid, Banner dan Baliho. Semua kebutuhan disiapkan secara matang guna suksesnya hari H pelaksanaan kelas inspirasi.

SDN 99 danau Kedap Muaro Jambi menjadi sejarah untuk pertama kalinya aku bisa memberikan secuil pengalaman yang aku punya. Kami berkumpul dari berbagai macam profesi, ada yang Dosen, Penyuluh Perikanan, Bidan, Atlet, Guru, Fotographer dll. Disinilah kami memberikan inspirasi untuk anak-anak SDN 99 Danau Kedap Muaro Jambi.
Pohon Inspirasi

Dimana-mana, anak-anak itu selalu menggemaskan. Ada saja tingkah pola mereka yang membuatku tertawa kecil. Dari mulut-mulut kecil mereka mengalir berbagai cita-cita kelak ketika besar nanti. Cita-cita polos mereka ada yang ingin jadi Guru, TNI, Polisi, Gubernur dan ada yang ingin menjadi Pendakwah Agama. Meskipun kita tidak tahu kelak jadi apa mereka, tetapi aku bahagia mendengar semua celoteh mereka tentang cita-cita. Aku dulu cita-citanya menjadi Dokter meskipun saat ini jauh sekali dengan apa yang aku cita-citakan sewaktu kecil.

Mengikuti Kelas Inspirasi untuk pertama kalinya dalam hidupku menjadi penyemangat baru bahwa hidup itu harus selalu bisa memberikan inspirasi kepada siapa pun. Pelajaran yang sangat berharga sekali mulai dari bagaimana menyiapkan berbagai keperluan untuk menyukseskan acara dan bagaimana mengemas agar ego tidaklah muncul mendominasi sehingga semua relawan menjadi satu kesatuan yang utuh.


10 komentar:

  1. aku nyaris mau daftar KI Jambi. tapi bentroksama jadwal ngMC...aku sih kalo ada waktu luang seneng banged ikutan KI. skrg sedang mempersiapkan diri buat ikut KI Raja Ampat bulan JULI nanti. semoga panjang umur... hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau banget kak indra ke raja ampat, tapi jujur gak ada uangnya

      Hapus
  2. Keren ya, dulu sempat jadi panitia Relawan KI di Lampung tapi batal jadi pengisi karena kesibukan ini itu. Selamat ya semoga berkah ilmunya.

    BalasHapus
  3. Wah, aku juga rencana mau ikutan Kelas Inspirasi. Thanks Bang, udah berbagi pengalaman di sini.

    BalasHapus
  4. Aku dulu sempat ngikuti agenda dari KI... dan benar-benar salut sama perjuangan teman.teman KI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang luar biasa mas perjuangan teman2 di kelas inspirasi

      Hapus
  5. Kelas Inspirasi top banged, sesuai namanya semua akitivitasnya sangat menginspirasi juga. Salam kenal dari Pontianak ya Bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyah banget. Dua kali saya ikutan kelas inspirasi. Salam kenal juga dari Lampung

      Hapus