Senin, 06 November 2017

Daya Pikat Air Terjun Beringin di Kabupaten Lampung Utara

Keindahan Air Terjun Beringin


Potensi alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Utara sangatlah banyak dan masih memerlukan sentuhan tanga dingin pemerintahan daerah setempat. Potensi alam tersebut nantinya akan menjadi objek wisata yang sangat digandrungi oleh wisatawan untuk memburu spot terbaru dalam mencari satu destinasi terbaru dan alami. 

Kabupaten Lampung Utara mempunyai banyak Air Terjun yang masih harus dikekola dengan baik untuk menjadi salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD). Saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Ibu Bupati Hj. Endah Prajawati Karika, S.STP, Ibu Wakil Bupati Dayuk, Kadispora Ilham Akbar, S.STP dan beberapa kadis lainnya mengunjungi Air Terjun Beringin yang berlokasi di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara.

Sebelum memasuki spot air terjun, Ibu Bupati dan rombongan melalukan olah raga sepeda secara bersama-sama dengan jarak lokasi kurang lebih 1,5 KM dari Air Terjun Beringin. 

Bersepeda menuju lokasi Air Terjun Beringin

Dinamakan Air Terjun Beringin, menurut cerita masyarakat setempat dahulu disekitar air tejun banyak tumbuh pohon beringin yang lebat dan menutupi lokasi air terjun. Air Terjun Beringin memiliki ketingian sekitar 50 M dengan curah air yang tinggi. Tumpahan air dari atas menuju kebawah menciptakan untaian-utaian halus yang bila kita perhatikan dengan saksama seperti kita melihat akar pohon beringin yang menjuntai halus sampai kebawah. Air Terjun Beringin mempunyai dua tingkatan yang agak jauh dari tingkatan induknya dan terkesan berdiri sendiri sebagai air terjun meski dengan ketinggian yang tidak mencapai lebih dari 2 M.

Keseruan mandi di Air Terjun Beringin

Lebih jauh kebawah, kita bisa menyaksikan aliran anak sungai dari ketinggian yang selalu dijadikan tempat arum jeram yang saat ini dikelola oleh Abung River Tubing yang telah dari sejak tahun 2016 dan saat ini secara serius mengelola wisata arum jeram yang pemberhentian akhirnya adalah Air Terjun Beringin dan tentunya telah melewati destinasi wisata alam semacam grand canyon yang ada di laur negeri.

Panorama sekitar air terjun sangatlah indah, pohon-pohon yang lebat dan rimbun menjadikan udara disana sangatlah sejuk. Dari kejauhan kita juga bisa menikmati landscape pegunungan yang tertutup kabut menjadikan kita seolah memandang pemukiman diatas awan. Sesekali kita juga akan melihat monyet ekor merah yang bergelantungan di pohon-pohon yang merupakan habitat asli belum tersentuh oleh tangan-tangan jahat manusia.

Menuju Air Terjun Beringin amatlah mudah, jalan menuju kesana pun cukup bagus, bahkan kendaraan roda empat bisa langsung bisa memasuki area dekat dengan lokasi air terjun. Kita juga bisa melakukan aktivitas makan bersama di atas air terjun yang tentunya akan menambah nafsu makan kita.
Makan siang bersama di atas Air Terjun Beringin

Nah bagi kalian yang suka tantangan dan anti mainstream, Air Terjun Beringan dan wahana arum jeram yang ada di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara ini bisa menjadi salah satu destinasi yang kalian masuki daftar sebagai tempat yang harus dan wajib kalian kunjungi. Untuk saat ini tidak ada biaya alias GRATISS memasuki wisata Air Terjun Beringin.



Keteranga :
1. Koleksi foto Bang Benny
2. Koleksi video pribadi

0 komentar:

Posting Komentar