STAY WITH US

Senin, 11 September 2017

Stunting dan Penilaian Status Gizi Anak

Apa itu Stunting?

Saya dan rekan-rekan Tapis Blogger hari ini mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Flash Blogging yang diadakan oleh Kominfo Provinsi Lampung dengan tema "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam Penurunan Prevalansi Stunting.
Dr. Marina



Dr. Marina memberikan materi tentang "Peran Pemerintah Mengurangi Resiko stunting Pada Balita". Apa itu Stunting? Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1995/MENKES/SK/XII/2010 tentang standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak, Stunting bisa diartikan status gizi yang didasarkan pada indeks Panjang Badan menurut Umur atau tinggi badan menurut umur. 

Lebih lanjut Dr. Marina menjelaskan bahwa, Resiko masalah gizi sesuai siklus hidup terhadap SDM


1.      1000 Hari Pertama Kehidupan (Awal kehidupan)
Fase ini menjelaskan awal kehidupan manusia dari dalam kandungan sampai dengan proses kelahirannya hingga 2 tahun pertama kehidupan merupakan umur harapan hidup (UHH)
2.      Setelah 1000 Hari Pertama Kehidupan
Fase ini menjelaskan bagaimana manusia melalui proses Remaja, Dewasa Mudan dan Dewasa yang bisa melakukan perebuhan dalam pola hidup.

Perubahan pola hidup yang sering dilakukan oleh kebanyakkan orang bisa mengakibatkan pada masalah kesehatan. Kita bisa melihat bagaimana contoh pola hidup tidak sehat dan pola hidup yang sehat

Kerangka Konsep Penyebab Stunting

Kita dapat melihat kerangka konsep yang dipaparkan oleh Dr. Marlina di bawah ini





Pertanyaan yang mungkin akan timbul adalah apakah status gizi buruk misalnya merupakan penyebab Stunting? Prevalensi Stunting mempunyaipersentasi tinggi dibandingkan dengan presentasi gizi buruk, tetapi apabila hal ini kita diamkan saja dan tidak dipantau maka dapat menyebabkan gizi buruk. 

Masalah Gizi Ibu dan anak juga menjadi perhatian khusus dari Pemerintah. Hal ini membuktikan bahwa kesehatan adalah hal yang terpenting sehingga kedepannya Indonesia tidak ada lagi masalah gizi.



Nah, dalam hal ini kita semua harus memperhatikan pola kesehatan kita sejak dini sehingga kasus Stunting bisa kita tekan sedemikian rupa. Hal ini juga selaras dengan program pemerintah yang giat melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar