STAY WITH US

Selasa, 01 Agustus 2017

Eliminasi Hepatitis, Kemenkes RI adakan sosialisai

Kemenkes RI bersama Tapis Blogger


Memperingati Hari Hepatitis sedunia yang jatuh setiap tanggal 28 Juli, Kemenkes RI adakan sosialisasi Eliminasi Hepatitis Menuju Keluarga Sehat, Selamatkan Generasi Penerus Bangsa. Acara ini kerjasama antara Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bersama Blogger, yang pada kesempatan ini diwakili oleh 30 peserta dari Tapis Blogger. 


Pentingnya sosialisasi ini adalah upaya pemerintah memberitahukan bahaya penyakit Hepatitis yang sampai dengan saat ini 10% bangsa ini mengidap Hepatitis. Tujuan acara ini adalah nantinya masyarakat sadar akan arti pentingnya kesehatan.


Mengenal Hepatitis :

Apa itu Hepatitis?. Hepatitis adalah proses peradangan sel-sel hati. Virus Hepatitis merupakan penyebab terbanyak Hepatitis.



  1. Hepatisi A adalah penyakit infeksi pada organ hati yang disebabkan Virus Hepatitis A (VHA). Penularannya melalui makanan dan minuman yang tercemar virus Hepatitis A yang berasal dari tinja si penderita.
  2. Hepatitis B adalah suatu penyakit yang menyerang hati disebabkan oleh Virus Hepatitis B, bersifat akut dan kronik serta dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati dan kanker hati). Penularannya dapat melalui darah dan cairan tubuh penderita seperti sperma, air liur dan cairan otak.
  3. Hepatitis C adalah suatu penyakit yang menyerang hati disebabkan Virus Hepatitis C akut dan kronisk serta menyebabkan sirosis. Penularannya melalui darah dan cairan tubuh penderita.
  4. Hepatitis D adalah penyakit hati yang disebabkan oleh Virus Hepatitis Delta. Penelurannya sama dengan Hepatitis B dan C.
  5. Hepatitis E adalah Virus RNA berbentuk sferis, penularannya melalui jalur fecal-oral. Air minum yang tercemar tinja merupakan media penularan yang paling umum.
Pencegahan penyakit Hepatitis bisa dilakukan sedini mungkin dengan prilaku hidup sehat, memperhatikan makanan dan minuman sehari-hari, Imunisasi, Jauhkan pemakaian benda secara bersamaan. 

Kegiatan yang berlangsung seru dan bersahabat dengan pemateri yang mumpuni dibidangnya, menjadikan kami khususnya saya, akhirnya sadar akan bahayanya penyakit Hepatitis. Bahkan Hepatitis dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani secara serius.

Penyakit Hepatitis merupakan masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Nah sahabat semua harus tetap waspada ya karena Hepatitis ada di sekitar kita dan harus sadar arti pentingnya menjaga kesehatan sedini mungkin. 

Sumber :

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Subdit Diare, Infeksi Saluran Pencernaan dan Hepatitis (DISPH)
Jl. Percetakan Negara No. 29, Jakarta Pusat 10560
Email : subdit_diare06@yahoo.com
Telp : 021 42870659





7 komentar: