STAY WITH US

Rabu, 09 April 2014

Resensi Buku : The Power Of Kepepet



Jalan Gila Untuk Memulai Bisnis


Judul
The Power of Kepepet : Cara Tercepat, Terampuh Jadi Entrepreneur! Dijamin!!!  
No. ISBN
9789792242140 
Penulis
Jaya Setiabudi 
Penerbit
Tanggal terbit
Desember - 2008 
Jumlah Halaman
144 
Berat Buku
-
Jenis Cover
Soft Cover 
Dimensi(L x P)
150x210mm
Kategori
Entrepreneurship 
Harga                               35.000,-

Terjun di dunia bisnis dewasa ini sangat menggiurkan banyak orang. Namun tidak sedikit juga setelah terjun ke dunia bisnis, mereka semua kecewa. Banyak yang bangkrut dan patah arang yang pada akhirnya memutuskan untuk tidak berbisnis lagi. Bagaimana memulai bisnis yang sesuai dengan kita? Langkah apa yang perlu kita siapkan dalam berbisnis? Bagaimana cara menuju sukses dalam berbisnis? Apa kira-kira penyebab gagal dalam berbisnis? Bagaimana kita mampu bertahan dengan tetap berbisnis walau bangkrut sekali pun? Masih percaya bukan dengan motivasi siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkannya?


Dalam bukunya The Power Of Kepepet, Jaya Setiabudi secara tidak langsung mengajarkan bagaimana seharusnya kita berbisnis. Bahkan hanya bermodalkan dengku alias modal yang sangat minim kita bisa berbisnis. Mulai dari bisnis yang kecil hingga bisnis yang besar. Jaya Setiabudi mengajarkan ilmu kepepet dalam berbisnis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kepepet adalah keadaan kacau atau sukar, atau tersudut dalam menghadapi masalah. Lantas apa hubungannya dalam memulai bisnis? Sering kali kita mengalami keadaan kepepet yang mengahsukan kita untuk mencari jalan keluar terbaik bukan, nah dalam bukunya ini Jaya Setiabudi mengajak kita untuk bisa menerapkan kepepet dalam berbisnis. Bahkan ada pepatah yang mengatakan ”Kondisi kepepet adalah motivasi terbesar di dunia”. Banyak sekali contoh yang dikemukan dalam buku ini mengenai kondisi kepepet dan jalannya adalah tetap ditempat tetapi mati atau jalan terus meski kondisi yang sulit tetapi hidup jalan terus.

Agar tidak terjebak dalam banyak pertanyaan bagaimana cara mengamalkan ilmu kepepet ini, Jaya Setiabudi seperti pendekar yang sudah paham betul mengeluarkan jurus-jurus saktinya dalam menghadapi musuh. Dari cara yang menurut saya gila yaitu kita harus menciptakan kondisi kepepet meski kondisi kita tidak benar-benar sedang kepepet, menurut saya cara ini sangat jitu. Mengapa? Karena sering kali kita malah mencari solusi bila dalam keadaan yang biasa-biasa saja, lain halnya dalam kondisi terdesak maka kita mampu menciptakan berbagai solusi terbaik untuk kita jalankan, disinilah peran kita untuk memelarkan otak. Otak kita bekerja seperti layaknya otot. Jika otot dilatih dengan beban, begitu juga otak dilatih dengan ’Beban Pikiran’ atau masalah (Hal 23) hal ini bertujuan untuk melatih diri kita agar tidak terjebak dalam masalah melainkan langsung action mencari solusi terbaik.

Selain langkah-langkah yang harus ditempuh dalam mengamalkan ilmu kepepet, dalam buku ini juga dijelaskan kapan seharusnya kita harus memulai usaha? Bagaimana menyiapkan modal? Beranikah kita melangkah dan memulai berbisnis?. Bagaimana pola bisnis dengan memulai target terlebih dahulu ketimbang rencana? Berbagai motivasi pun banyak terselip dalam buku ini sehingga kita seakan tersulut untuk mememulai bisnis.

Ternyata menurut buku ini memulai bisnis itu lebih baik daripada mikir terus. Pertanyaan yang timbul adalah mulai bisnis apa?. Banyak sekali bisnis yang bisa kita lakukan dan dicontohkan dalam buku ini, mulai dari bisnis Pecel Lele, Teh Botol, Warung Kopi, bahkan bisnis yang nyaris tanpa modal seperti Beli rumah dapat duit, Beli mobil dapat duit, mengiklankan bisnis kita secara gratis. Ternyata asalkan kita mau dan terus berusaha untuk bisa survive apa pun bisa kita jadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Asalkan kita mampu membaca, menganalisis, mensurvey untuk memulai bisnis apa yang seharusnya kita jalankan. Tidak ada kata tapi-tapi, melainkan action yang nyata. Setiap usaha itu bagus, asalkan kita tekuni dan jalankan dengan benar maka usaha itu akan berbuah lebat. (Hal 47).

Buku ini layak dibaca bagi anda yang saat ini mengahadapi kesulitan atau dalam kondisi kepepet untuk memulai usaha. Mungkin saat ini anda menghadapi jalan buntu untuk memulai bisnis apa yang seharusnya bisa anda memulainya, ciptakan jalan baru untuk anda sendiri dengan terus memotivasi diri bahwa anda bisa memulai bisnis apa pun yang anda mau.  


0 komentar:

Posting Komentar